LAPORAN
TEORI PEMOGRAMAN
II
NAMA
DOSEN PENGAMPUH
NAMA : JANUARDI ROSYIDI LUBIS, M.Kom
NIDN : 1014108701
NAMA
MAHASISWA/MAHASISWI
NAMA : BENNY PRANATA
NPM : 18150072
PRODI
VOKASIONAL INFORMATIKA
FAKULTAS
PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
T.A
2019/2020
KATA
PENGANTAR
Dengan
mengucapkan syukur Alhamdulillah atas Kehendak Allah SWT Yang telah memberikan
rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penulis “Laporan ( Penyeleksian
Kondisi IF, ELSE, dan SWITCH ) di NetBens” dapat diselesaikan dengan baik.
Laporan
ini dapat terselesaikan atas bantuan dan bimbingan dari semua pihak. Untuk itu
penulis mengucapkan terima kasih kepada semua
yang ikut membantu dalam penyelesaian laporan ini, terutama kepada :
1.
Orang tua, Dosen Pembimbing, dan Teman
Sejawat dll.
2.
Serta semua pihak yang tidak dapat penulis
sebutkan satu persatu yang telah mmembantu dalam proses penyusunan laporan ini
Penyusunan
laporan ini masih jaub dari sempurna. Untuk itu kritik dan saran yang sifatnya
membangun demi kesempurnaan laporan ini sangat penulis harapkan. Mudah-mudahan
laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca umumnya.
Padangsidimpuan, Oktober 2019
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR.......................................................................................... 2
DAFTAR ISI........................................................................................................ 3
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang........................................................................................... 4
B.
Tujuan
dan manfaat................................................................................... 4
C.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan............................................................... 5
BAB II KEGIATAN
A.
Teori
Singkat ............................................................................................ 5
B.
Proses Pekerjaan/Kegiatan........................................................................ 6
1. Alat dan bahan...................................................................................... 6
2. Uraian Proses Pekerjaan
3.Hasil Yang Dicapai
BAB III KESIMPULAN
A.
Kesimpulan................................................................................................ 11
B.
SARAN..................................................................................................... 11
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................... 12
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Java adalah sebuah teknologi yang diperkenalkan oleh Sun
Microsysytems pada pertengahan tahun 1990. Menurut definisi Sun, Java adalah
nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak
pada computer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Kita lebih menyukai
Java sebagai sebuah teknologi disbanding hanya sebuah bahasa pemrograman,
karena Java lebih lengkap karena Java lebih lengkap dibanding sebuah bahasa
pemrograman konvensional. Teknologi Java memiliki tiga komponen penting, yaitu:
· Programming-language specification · Application-programming interface ·
Virtual-machine specification JDK (Java Development Kit) Java
Development Kit (JDK) adalah Sun Microsystems produk ditujukan untuk pengembang
Java. Sejak diperkenalkannya Java, telah jauh SDK Java yang paling banyak
digunakan. Pada tanggal 17 November 2006, Sun mengumumkan bahwa akan dirilis di
bawah GNU General Public License (GPL), sehingga membuat perangkat lunak bebas.
Hal ini terjadi sebagian besar pada tanggal 8 Mei 2007 [3]; Sun kontribusi kode
sumber untuk JDKOpen. JRL (Java Research License) JRL (JAVA RESEARCH LICENSE)
ini dibuat khusus untuk universitas dan peneliti yang ingin menggunakan
teknologi Java [tm] sebagai subyek pembelajaran dan penelitian. Ia ditulis
untuk menyederhanakan dan bersantai persyaratan bagian yang ada “penelitian”
dari SCSL saat ini.
JRL adalah lisensi yang diciptakan khusus untuk universitas
dan peneliti yang ingin menggunakan teknologi Java sebagai subyek pembelajaran
dan penelitian. itu ditulis untuk menyederhanakan dan bersantai persyaratan
bagian yang ada “penelitian” dari SCSL saat ini. NetBeans NetBeans mengacu pada
kedua kerangka platform untuk aplikasi desktop Java, dan sebuah lingkungan
pengembangan terpadu (IDE) untuk pengembangan dengan Java, JavaScript, PHP,
Python, Ruby, Groovy, C, C + +, Scala, Clojure, dan lain-lain. NetBeans IDE
ditulis dalam Java dan berjalan di mana-mana di mana JVM yang diinstal,
termasuk Windows, Mac OS, Linux, dan Solaris. Sebuah JDK diperlukan untuk
pengembangan fungsionalitas Jawa, tetapi tidak diperlukan untuk pembangunan di
bahasa pemrograman lain. Platform NetBeans memungkinkan aplikasi untuk
dikembangkan dari satu set komponen perangkat lunak moduler yang disebut modul.
Aplikasi berbasis platform NetBeans (termasuk IDE NetBeans) dapat diperpanjang
oleh pengembang pihak ketiga.
B.
Tujuan
1. Dapat memahami konsep penyeleksian OPP
2. Mampu membuat program yang menggunakan penyeleksian OPP
C.
Waktu dan Tempat
Pelaksaan
Pada hari Minggu 10 Oktober 2019
bertempat di Jln Sutan Soripada Mulia Gg Serasi No.10, saya sudah mengerjakan
sebuah program yang menyelesaikan kondisi if, else dan switch yang di ajarkan
oleh dosen pengampuh saya yaitu bapak Januardi Rosyidi Lubis, M.Kom dimana
bernama Netbeans dengan menggunakan Java.
Dan sampai saya menyelesaikan tugas
dengan bimbingan dan motivasi yang kuat supaya saya dapat menyelesaikan nya
dengan tepat waktu.
Saya ucapkan banyak terimakasih kepada
beliau yang selalu membimbing dengan tekan untuk mengajarkan program NetBeans
ini. Dan akhirnya saya selesaikan pada 10 Oktober 2019 di Jln Sutan Soripada
Mulia Gg Serasi No.10.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Teori Singkat
1. Penyeleksian Kondisi If
Gunakan
seleksi if untuk memeriksa apakah suatu variabel/ekspresi memenuhi
persyaratan suatu kondisi. Seleksi if menggunakan ekspresi Boolean untuk
menentukan apakah suatu statement/blok statement akan dieksekusi atau tidak.
Bila variabel/ekspresi memenuhi persyaratan kondisi, maka seleksi akan bernilai
“benar”, dan kemudian statement atau blok statement yang menyertai “ if”
tersebut akan dieksekusi. Cara paling dasar untuk menguji suatu kondisi di Java
adalah dengan menggunakan pernyataan if.Pernyataan if menguji apakah suatu
kondisi benar atau salah dan mengambil tindakan hanya jika kondisinya benar.
2. Bentuk if..else
Dibutuhkan
tambahan keyword else sebagai pelengkap if untuk menambahkan
konsekuensi ini, sehingga disebut juga bentuk if..else. Sama dengan if,
else juga hanya akan mengeksekusi sebanyak satu statement tang terletak
persisi di bawahnya. Dibutuhkan blok setelah deklarasi else untuk mengeksekusi
sejumlah statement. Bila terdapat beberapa kemungkinan konsekuensi (multiple
condition), setelah suatu if..else kita dapat menambahkan if..else
yang lainnya.
3. Bentuk if atau if..else bersarang (nested
if..else)
if
atau
if..else itu dapat ditempatkan sebagai suatu blok seleksi di dalam blok if
atau if..else yang lain. Bila pada bentuk multiple if..else kedudukan
masing-masing if..else adalah sederajat, namun pada nested if..else,
kedudukannya bertingkat. Kondisi if..else tingkat pertama akan
menyeleksi variabel/objek untuk pertama kali, bila lulus, maka nariabel atau
objek itu akan menghadapi seleksi if..else tahap kedua, bila lulus lagi
ke seleksi if..else ketiga, dan seterusnya.
4.
Penyeleksian kondisi switch
Selain bentuk seleksi kondisi if, dalam Java
juga dikenal cara penyeleksian switch. Bentuk ini digunakan untuk
menyeleksi kondisi yang memiliki banyak kemungkinan (multiple condition),
sama seperti multiple if..else.
B. Proses
Pekerjaan/Kegiatan
1. Alat dan bahan
a. Laptop
b. Aplikasi Netbeans
2. Uraian Proses
Pekerjaan
a.Lumanyan susah
juga karena program netbeans itu kalau
b. salah listing programnya pasti error.
c. Dengan Ketelitian Yang Benar-Benar Pasti sangat mudah dikerjakan.
d. Simbol-Simbol Tidak Boleh Salah ketik Kalau tidak pasti akan warna merah bergaris.
e. Butuh pemahaman untuk dasar-dasar program agar memudahkan kita untuk menjalankan program ini.
C. Cara
Kerja
1. Penyeleksian Kondisi If
Ketika
di Run
2.Bentuk
if..else
Ketika di Run
3.Penyeleksian Kondisi Switch
Ketika
di Run
BAB
III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi di abad ke-21 ini menuntut kita untuk selalu
berkembanga dan mampu sejalan dengan perkembangan teknologi yang terkini, dalam
hal ini adalah perkembangan software baik itu dalam pengetahuan, mengetahui
perkembangan dan menggunakannya, atau bahkan dalam mengembangkan software.
Perkembangan teknologi khususnya software, ini tidak terlepas dari keberadaan
pemrograman Java, sebagai salah satu program pengembang teknologi, bahasa
pemrograman Java sebagai sebuah peralatan software yang tenar dimasa sekarang,
pemahaman kita akan kemajuan teknologi amatlah penting dan akan lebih
bermanfaat jika kita mampu menggunakan, mengimplementasikan bahakan membuat
sebuah program dengan aplikasi Java ini, sehingga kita bisa mewarnai dan juga
menyeimbangi perkembangan dunia teknologi saat ini.Keberadaan java saat ini
khususnya dalam dunia programmer, sangatlah penting dan sangat berpengaruh
dalam perkembangan berbagai aplikasi-aplikasi dari aplikasi yang sederhana
hingga aplikasi yang sangat rumit dan besar. Keberadaan java ini membuat mudah
kita dalam mengembangakan dan juga membuat sebuah program apalikasi, bagi kita
yang ingin menekuni dan berkiprah dalam dunia programmer, saat ini yang paling
tepat untuk diperalajari adalah bahasa pemrograman java dan ini dilansirkan
bahwa akan tetap eksis sampai masa mendatang, bahakan melebihi keberadaan
bahasa C, C++, Delphi, Pascal, Visual Basic dan bahasa pemrograman yang lain.
Java sebagai platform pengembang berbagai aplikasi, khususnya aplikasi pada
mobile, telah memenuhi standar eksistensi bahasa pemrograman, yang sekelas
dengan visual basic sebagai bahasa pemrograman yang telah dulu ada. Bahkan bisa
dibilang penggunaannya semudah bahasa C dan kemampuan setangguh bahasa C++,
selain sifatnya yang mudah karena kesederhanaannya, berbagai keunggulan kenapa
java harus dipelajari adalah, pemrograman yang berorientasi pada objek, open
platform, aplikasi berbasis WEB, mempunyai banyak fitur, dan bukan sekedar
bahasa tapi juga platform sekaligus arsitektur. Java mempunyai portabilitas
yang sangat tinggi. Ia dapat berada pada smartcard, pager, POS (Point of
Service), handphone, PDA, palm, TV, Embedded device (PLC, micro controller),
laptop, pc, dan bahkan server). Mine coins - make money: http://bit.ly/money_crypto.
B.
Saran
Dengan Program ini mahasiswa seperti saya sangat membantu karena dengan adanya program ini saya bias membuat program dengan lebih mudah apalagi aplikasi ini terus
dikembangkan pasti akan sangat bermanfaat bagi seorang pemula programing java.
Harapan saya bagi pemilik aplikasi java dengan menggunakan netbeans di berikan pemecahan apabila error biar lebih mudah diperbaiki.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar